PROFIL MTsS SUBANUL YAUM
A.
Identitas MTsS Subanul Yaum sekilas
Nama Madrasah :
MTsS Subanul Yaum
Nomor Statistik Madrasah :
121232050221
Alamat
Sekolah : Kp. Cipari
Desa Sukarame Kecamatan Caringin
Kabupaten
Garut Provinsi Jawa Barat
Berdiri Sejak Tahun : 28 Mei 2010
Pimpinan
Lembaga : Aceng Haris S,
S.Tp
Penyelenggara : Yayasan Manarul Huda Caringin (YAMANDA)
No Ijin Operasional : Kw.10.4 / 4 / PP.07 / 3977 / 2011
Jumlah
siswa : 71 orang
terdiri dari : Laki - laki : 22 orang dan perempuan
49 orang (
Daftar terlampir )
Jumlah
Tenaga Pendidik : 17 orang,
terdiri dari laki – laki : 12 orang dan Perempuan
5 orang
( daftar terlampir )
Jumlah
Tenaga Kependidikan : 8
orang ( daftar terlampir )
Sarana Belajar : Ruang kelas sementara, 1 ruangan ukuran 7 x 9
m2
Ruang
Guru/ Kantor sementara , 2 ruangan ukuran 2 x 3 m2
Waktu Belajar : Hari Sabtu s/d Kamis, mulai pukul 06.30 s/d 11.40 WIB
B.
Tentang MTsS Subanul Yaum
Kemana siswa-siswi
perginya setelah pelajaran sekolah? MTsS Subanul Yaum adalah lembaga pendidikan
dibawah naungan Pondok Pesantren Manarul Huda, sehingga siswa-siswinya, setelah
mereka belajar di MTs, mereka akan bergaul di lingkungan Pondok Pesantren
Manarul Huda.
Pendidikan di MTsS Subanul
Yaum terpadu dengan pendidikan pesantren Manarul Huda. Pondok Pesantren Manarul
Huda berdiri tahun 1979 dengan santri satu dua orang saja, kemudian berkembang
hingga lulusannya tersebar ke seluruh wilayah Indonesia. Karena dorongan dari
alumni dan masyarakat sekitar pesantren tentang perlunya pendidikan formal di
lingkungan pondok pesantren, maka pada tanggal 28 Mei 2010, K. Abdurrahman SG,
K. Syahirin A, Ust. Sunadin bersama dengan dewan kyai, alumni, santri, dan
tokoh masyarakat sehingga jumlahnya 26 orang, mengadakan pertemuan untuk pendirian
MTsS Subanul Yaum.
C.
Visi dan Misi MTsS Subanul Yaum
Visi MTs Subanul Yaum Manarul-Huda : ”Terwujudnya
MTs Unggulan yang melahirkan lulusan terbaik yang berakidah benar, berahlak
mulia, berilmu luas, berbadan sehat, dan mandiri.”
Misi yang akan ditempuh oleh MTs Subanul-Yaum untuk
mencapai visinya adalah :
a.
Mewujudkan lulusan berkualitas ( ahlak mulia,
pandai berbahasa, sehat, terampil, dan mandiri)
b.
Mewujudkan lembaga
pendidikan bersbasis leadershif pesantren.
D.
Organisasi Penyelenggara
Badan Penyelenggara : Yayasan Manarul Huda ( YAMANDA )
Ketua Yayasan : K. Abdurrahman
SG
Kepala Madrasah : Aceng Haris S, S.Tp
Wakil Kepala I ( Kesiswaan
) :
Asep Dadang H, S.Pd
Wakil Kepala II ( Kurikulum
) :
Dasep Rohman, S.Pd.I
Wakil Kepala III ( Sarana
) : Kamal
Sekretaris ( Kepala TU ) :
Tia Irpan
Bendahara : Setiawan Tsaory
Komite : Ust. Sunadin, Agus Ahmad
E.
Kegiatan Belajar Mengajar
Metode Pengajaran
menggunakan metode Pengajaran Aktif Inovatif Kreatif dan Menyenangkan (PAIKEM)
serta Contekstual Teaching and Learning ( CTL )
Para pendidik terdiri dari
Guru Negeri, Guru Yayasan dan Guru tidak tetap yang berpengalaman di bidangnya
serta memiliki latar belakang Sarjana Pendidikan.
1.
Aceng Haris S, S.Tp
2.
Asep Dadang H, S.Pd
3.
Dasep Rohman, S.Pd.I
4.
Luky Adik Pia, S. Pd. I
5.
Cep Dodi, S.Pd
6.
Iyan, S.Pd
7.
Intan, S. Pd
8.
Rojatin, S.Pd.I
9.
Iwan Hermawan, A.Ma
10. Risa al-Masruroh, A.Ma
11. Ridwan Aminullah
12. Lely Rosita
13. Jajang Iskandar
14. Endang Gozali
15. Ade Rahmat
16. Tia Irfan
17. Siti Aisyah Nurindah
F.
Strategi
Pengembangan Pendidikan
Strategi untuk mencapai visi dan misi pendidikan yang
akan dilaksanakan di Madarasah Tsanawiyah Subanul-Yaum adalah :
a.
Memberikan pelayanan terbaik dalam mengantarkan subyek
didik agar memiliki kemantapan akidah, penguasaan ilmu pengetahuan, keluhuran
ahlak dan kedewasaan sikap.
b.
Membantu dan memfasilitasi pengembangan potensi
multidimensi yang dimiliki peserta didik untuk diaktualkan dan dikembangkan
melalui pendidikan guna mewujudkan masyarakat belajar.
c.
Menyiapkan calon pemimpin masa depan yang menguasai ilmu
pengetahuan dan teknologi, mempunyai daya juang yang tinggi, kreatif dan
inovatif yang memiliki landasan iman taqwa dan ahlak mulia yang kuat.
d.
Meningkatkan profesionalitas dan akuntabilitas lembaga
pendidikan ( madrasah ) sebagai pusat tamadun kajian Islam dan pembudayaan ilmu
pengetahuan, keterampilan, pengalaman, sikap dan nilai sesuai dengan tuntutan
aqidah dan syariat Islam.
e.
Memberdayakan peran serta masyarakat dalam
penyelenggaraan pendidikan madrasah
f.
Meningkatkan profesionalitas dan kompetensi tenaga
pendidik dan tenaga kependidikan madrasah.
g.
Menjalin kemitraan dengan para stakeholder dalam rangka
pencapaian visi dan misi madrasah.
G.
Tujuan Pengembangan Pendidikan
Tujuan pengembangan pendidikan di Madrasah Tsanawiyah
Subanul-Yaum Caringin adalah : Mengarahkan pertumbuhan dan perkembangan anak
dengan segala potensi yang di anugrahkan oleh Allah SWT, sehingga menjadi
pribadi muslim yang berakal ( Q.S 3 : 190 ) dan kaffah, yang beriman dan
bertaqwa, berahlak mulia mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi, bermakna
bagi dirinya dan perannya dalam masyarakat ( Q.S. 3 : 191 ).
H.
Program Pengembangan Pendidikan
Program Pengembangan Pendidikan di Madrasah Tsanawiyah
Subanul-Yaum sebagai berikut :
a.
Mengaktualisasikan
ajaran Islam dalam seluruh segi kehidupan
b.
Merancang madrasah sebagai satuan lembaga pendidikan
Islam dan ditata sesuai dengan kerangka Sistem Pendidikan Nasional.
c.
Memantapkan madrasah sebagai jenis pendidikan umum yang
berciri khas Agama Islam dalam tatanan Sistem Pendidikan Nasional.
d.
Menjadikan mata pelajaran Agama Islam sebagai pengendali
aktualisasi nilai ke Islaman dan kajian.
e.
Menciptakan lingkungan pendidikan yang kondusif bagi
pengembangan nilai – nilai ke Islaman baik secara kurikuler, ekstrakurikuler,
maupun di lingkungan masyarakatnya.
f.
Meningkatkan mutu pendidikan Islam dalam rangka otonomi
pendidikan ( School Based Management ) yang didukung oleh masyarakat
lingkungannya masing – masing ( Community Based Education ).
g.
Meningkatkan mutu SDM dalam rangka penyelenggaraan
pendidikan.
H. Enam Ahlak
Utama
Adalah enam karakter yang menjadi diferensiasi yang
tergambar dalam sikap seluruh civitas akademika MTs Subanul-Yaum sebagaimana
enam sudut kubah pada logo MTs:
a.
Fatonah: cerdas intelektual, emosional, dan spiritual
b.
Amanah : bertanggungjawab dan dapat dipercaya
c.
Shidiq: jujur dan transparan.
d.
Tablig: menyampaikan dan komunikatif
e.
Motekar : mandiri, kreatif, dan inovatif
f.
Ikhlas: berbuat tanpa pamrih, hanya mencari ridho Allah
SWT.
0 komentar:
Posting Komentar